SILABUS
GEOGRAFI
SEKOLAH
MENENGAH ATAS NEGERI 2 PINRANG
Kelas
X Peminatan IPS
Alokasiwaktu
3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Inti:
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati
dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1. Memahami
pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI
·
Ruang
lingkup pengetahuan geografi.
·
Objek studi dan aspek geografi.
·
Konsep
esensial geografi dan contoh
terapannya.
·
Prinsip
geografi dan contoh terapannya.
·
Pendekatan
geografi dan contoh terapannya.
·
Keterampilan geografi.
|
·
Mencari
informasi tentang konsep, objek, dan ruang lingkup geografi melalui berbagai sumber/media
·
Menunjukkan objek dan aspek geografi
pada peta yang memperlihatkan penerapankonsep dan prinsip geografi
·
Menganalisis
hubungan antara suatu objek dengan objek lainnya di permukaan bumi
·
Mempresentasikan
tulisan tentang ruang lingkup pengetahuan dan keterampilan
geografi yang dilengkapi contoh dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1. Menyajikan
contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk
tulisan
|
||
3.2. Memahami
dasar-dasar pemetaan, Pengindraan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
|
PENGETAHUAN DASAR PEMETAAN
·
Dasar-dasar pemetaan, pengindraan jauh, dan sistem informasi geografis.
·
Jenis peta dan penggunaannya.
·
Jenis citra Pengindraan Jauh dan interpretasi
citra.
·
Teori pengolahan data dalam Sistem InformasSi
Geografis (SIG).
|
·
Mengamati peta, citra pengindraan jauh, dan hasil Sistem Informasi
Geografis untuk mendapatkan informasi geografis
·
Mendiskusikan dan membuat laporan tentang
hasil interpretasi peta, citra
pengindraan jauh, dan Sistem Informasi Geografis
·
Praktik membuat
peta tematik tentang wilayah provinsi di daerahnya
|
4.2. Membuat
peta tematik wilayah provinsi dan/atau salah satu pulau di Indonesia
berdasarkan peta rupa Bumi
|
||
3.3. Memahami
langkah-langkah penelitian ilmu geografi dengan menggunakan peta
|
LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN GEOGRAFI
·
Mengamati fenomena geografis.
·
Merumuskan pertanyaan penelitian geografi.
·
Mengumpulkan serta mengolah data
geografis.
·
Menganalisis data geografis.
·
Membuat laporan penelitian.
|
·
Melakukan
penelitian geografi sederhana dengan langkah-langkah penelitian ilmiah sesuai dengan
tema penelitian
yang ditentukan oleh
guru dan/atau peserta didik.
·
Menyajikan
hasil laporan penelitian geografi sederhana dilengkapi peta,
tabel, grafik, foto, dan/atau video.
|
4.3. Menyajikan hasil
observasi lapangan dalam bentuk makalah yang dilengkapi dengan peta, bagan,
gambar, tabel, grafik, foto, dan/atau video
|
||
3.4. Menganalisis
dinamika planet Bumi sebagai ruang kehidupan
|
BUMI SEBAGAI RUANG KEHIDUPAN
·
Teori
pembentukan
planet Bumi.
·
Perkembangan kehidupan di Bumi.
·
Dampak
rotasi dan revolusi Bumi terhadap
kehidupan di Bumi.
|
·
Mengamati proses pembentukan planet Bumi melalui berbagai sumber/media
·
Berdiskusi
tentang gerak dan kedudukan Matahari,
Bulan, dan Bumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan
·
Menyampaikan
laporan hasil diskusi tentang gerak dan kedudukan Matahari, Bulan,
danBumi, serta pengaruhnya terhadap
kehidupan dilengkapi peta, gambar,
tabel, grafik, foto, dan/ atau video
|
4.4. Menyajikan karakteristik
planet Bumi sebagai ruang kehidupan dengan menggunakan peta, bagan, gambar, tabel, grafik, foto,
dan/atau video
|
||
3.5. Menganalisis
dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
|
DINAMIKA LITOSFER DAN DAMPAKNYA
TERHADAP KEHIDUPAN
·
Karakteristik
lapisan-lapisan Bumi.
·
Proses
tektonisme dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
·
Proses
vulkanisme dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
·
Proses
seisme dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
·
Proses
tenaga eksogen
dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
·
Pembentukan tanah dan persebaran jenis tanah.
·
Pemanfaatan dan konservasi tanah.
·
Lembaga-lembaga yang menyediakan dan memanfaatkan
data geologi di Indonesia.
|
·
Mengamat igambar, peta, foto, dan/ atau
menyaksikan tayangan video tentang dinamika
litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
·
Mendiskusikan
dan membuat laporan tentang dinamika litosfer dan dampaknya terhadap
kehidupan
·
Mengenali
masalah dan mengajukan solusi tentang dampak dinamika litosfer terhadap kehidupan
dilengkapi peta, gambar, tabel, grafik, video, dan/atau animasi
|
4.5. Menyajikan proses
dinamika litosfer dengan menggunakan peta, bagan, gambar, tabel, grafik,
video, dan/atau animasi
|
||
3.6. Menganalisis
dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
|
DINAMIKA ATMOSFER DAN DAMPAKNYA
TERHADAP KEHIDUPAN
·
Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer
Bumi.
·
Pengukuran
unsur-unsur cuaca dan interpretasi
data cuaca.
·
Klasifikasi tipe iklim dan pola iklim global.
·
Karakteristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas manusia.
·
Pengaruh perubahan iklim global terhadap
kehidupan.
·
Lembaga-lembaga yang menyediakan dan memanfaatkan
data cuaca dan iklim di Indonesia.
|
·
Mengamati dinamika atmosfier dan dampaknya
terhadap kehidupan melalui berbagai sumber/media
·
Melakukan kunjungan kestasiun meteorologi
yang ada di lingkungan
sekitar
·
Berdiskusi tentang dinamika atmosfer dan dampaknya
terhadap kehidupan
·
Menyampaikan
laporan hasil diskusi tentang dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
dilengkapi peta, gambar, tabel, grafik, video, dan/atau animasi
·
Praktik membuat peta persebaran curah
hujan di propinsi setempat
|
4.6. Menyajikan
proses dinamika atmosfer menggunakan peta, bagan, gambar, tabel, grafik,
video, dan/atau animasi
|
||
3.7. Menganalisis
dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
|
DINAMIKA HIDROSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP
KEHIDUPAN
·
Siklus
hidrologi.
·
Karakteristik dan dinamika perairan laut.
·
Persebaran dan pemanfaatan biota laut.
·
Pencemaran dan konservasi perairan laut.
·
Potensi, sebaran, dan pemanfaatan perairan
darat.
·
Konservasi air tanah dan Daerah Aliran Sungai (DAS).
·
Lembaga-lembaga yang menyediakan dan memanfaatkan
data hidrologi di Indonesia.
|
·
Mengamati
gambar, foto, dan/atau menyaksikan
tayangan
video tentang dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
·
Melakukan kunjungan kelembaga yang
terkait dengan pengelolaan sumberdaya air
·
Mendiskusikan
dan membuat laporan tentang dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap
kehidupan
·
Menyampaikan
laporan hasil diskusi tentang dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
dilengkapi peta, gambar, tabel, grafik, video, dan/atau animasi
·
Membuat model 3 dimensi daerah alirans
ungai (DAS)
|
4.7. Menyajikan
proses dinamika hidrosfer menggunakan peta, bagan, gambar, tabel, grafik,
video, dan /atau animasi
|
Lampa, 16 Juli 2019
Mengetahui :
Kepala SMAN 2 Pinrang Guru
Mata Pelajaran,
Drs. Muhammad
Adam, M.Pd. Drs.
Muhammad Adam, M.Pd.
NIP 19680502 199103 1 016
NIP
19680502 199103 1 016
0 komentar:
Posting Komentar