Minggu, 15 Maret 2020

Silabus Geografi X


SILABUS GEOGRAFI

SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PINRANG
Kelas X Peminatan IPS
Alokasiwaktu 3 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Inti:
·         KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan





Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1.    Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari
PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI
·         Ruang lingkup pengetahuan geografi.
·         Objek studi dan aspek geografi.
·         Konsep esensial  geografi dan contoh terapannya.
·         Prinsip geografi dan contoh terapannya.
·         Pendekatan geografi dan contoh terapannya.
·         Keterampilan geografi.


·      Mencari informasi tentang konsep, objek, dan ruang lingkup geografi melalui berbagai sumber/media
·      Menunjukkan objek dan aspek geografi pada peta yang memperlihatkan penerapankonsep dan prinsip geografi
·      Menganalisis hubungan antara suatu objek dengan objek lainnya di permukaan bumi
·      Mempresentasikan tulisan tentang ruang lingkup pengetahuan dan keterampilan geografi yang dilengkapi contoh dalam kehidupan sehari-hari
4.1.    Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan
3.2.    Memahami dasar-dasar pemetaan, Pengindraan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis (SIG)
PENGETAHUAN DASAR PEMETAAN
·        Dasar-dasar pemetaan, pengindraan jauh, dan sistem informasi geografis.
·        Jenis peta dan penggunaannya.
·        Jenis citra Pengindraan Jauh dan interpretasi citra.
·        Teori pengolahan data dalam Sistem InformasSi Geografis (SIG).
·      Mengamati peta, citra pengindraan jauh, dan hasil Sistem Informasi Geografis untuk mendapatkan informasi geografis
·      Mendiskusikan dan membuat laporan tentang hasil interpretasi peta, citra pengindraan jauh, dan Sistem Informasi Geografis
·      Praktik membuat peta tematik tentang wilayah provinsi di daerahnya

4.2.    Membuat peta tematik wilayah provinsi dan/atau salah satu pulau di Indonesia berdasarkan peta rupa Bumi


3.3.    Memahami langkah-langkah penelitian ilmu geografi dengan menggunakan peta
LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN GEOGRAFI
·         Mengamati fenomena geografis.
·         Merumuskan pertanyaan penelitian geografi.
·         Mengumpulkan serta mengolah data geografis.
·         Menganalisis data geografis.
·         Membuat laporan penelitian.
·      Melakukan penelitian geografi sederhana dengan langkah-langkah penelitian ilmiah sesuai dengan tema penelitian yang ditentukan oleh guru dan/atau peserta didik.
·      Menyajikan hasil laporan penelitian geografi sederhana dilengkapi peta, tabel, grafik, foto, dan/atau video.
4.3.    Menyajikan hasil observasi lapangan dalam bentuk makalah yang dilengkapi dengan peta, bagan, gambar, tabel, grafik, foto, dan/atau video
3.4.    Menganalisis dinamika planet Bumi sebagai ruang kehidupan
BUMI SEBAGAI RUANG KEHIDUPAN
·          Teori pembentukan planet Bumi.
·          Perkembangan kehidupan di Bumi.
·          Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi.

·      Mengamati proses pembentukan planet Bumi melalui berbagai sumber/media
·      Berdiskusi tentang gerak dan kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan
·      Menyampaikan laporan hasil diskusi tentang gerak dan kedudukan Matahari, Bulan, danBumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan dilengkapi peta,  gambar, tabel, grafik, foto, dan/ atau video
4.4.    Menyajikan karakteristik planet Bumi sebagai ruang kehidupan dengan menggunakan peta,  bagan, gambar, tabel, grafik, foto, dan/atau video
3.5.    Menganalisis dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
DINAMIKA LITOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN
·         Karakteristik lapisan-lapisan Bumi.
·         Proses tektonisme dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
·         Proses vulkanisme dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
·         Proses seisme dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
·         Proses tenaga eksogen dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
·         Pembentukan tanah dan persebaran jenis tanah.
·         Pemanfaatan dan konservasi tanah.
·         Lembaga-lembaga yang menyediakan dan memanfaatkan data geologi di Indonesia.
·      Mengamat igambar, peta, foto, dan/ atau menyaksikan tayangan video tentang dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
·      Mendiskusikan dan membuat laporan tentang dinamika litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
·      Mengenali masalah dan mengajukan solusi tentang dampak dinamika litosfer terhadap kehidupan dilengkapi peta, gambar, tabel, grafik, video, dan/atau animasi

4.5.    Menyajikan proses dinamika litosfer dengan menggunakan peta, bagan, gambar, tabel, grafik, video, dan/atau animasi
3.6.    Menganalisis dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
DINAMIKA ATMOSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN
·        Karakteristik lapisan-lapisan atmosfer Bumi.
·        Pengukuran unsur-unsur cuaca dan interpretasi data cuaca.
·        Klasifikasi tipe iklim dan pola iklim global.
·        Karakteristik iklim di Indonesia dan pengaruhnya terhadap aktivitas manusia.
·        Pengaruh perubahan iklim global terhadap kehidupan.
·        Lembaga-lembaga yang menyediakan dan memanfaatkan data cuaca dan iklim di Indonesia.
·      Mengamati dinamika atmosfier dan dampaknya terhadap kehidupan melalui berbagai sumber/media
·      Melakukan kunjungan kestasiun meteorologi yang ada di lingkungan sekitar
·      Berdiskusi tentang dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
·      Menyampaikan laporan hasil diskusi tentang dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan dilengkapi peta, gambar, tabel, grafik, video, dan/atau animasi
·      Praktik membuat peta persebaran curah hujan di propinsi setempat
4.6.    Menyajikan proses dinamika atmosfer menggunakan peta, bagan, gambar, tabel, grafik, video, dan/atau animasi
3.7.    Menganalisis dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
DINAMIKA HIDROSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN
·       Siklus hidrologi.
·       Karakteristik dan dinamika perairan laut.
·       Persebaran dan pemanfaatan biota laut.
·       Pencemaran dan konservasi perairan laut.
·       Potensi, sebaran, dan pemanfaatan perairan darat.
·       Konservasi air tanah dan Daerah Aliran Sungai (DAS).
·       Lembaga-lembaga yang menyediakan dan memanfaatkan data hidrologi di Indonesia.
·      Mengamati gambar, foto, dan/atau menyaksikan tayangan video tentang dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
·      Melakukan kunjungan kelembaga yang terkait dengan pengelolaan sumberdaya air
·      Mendiskusikan dan membuat laporan tentang dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
·      Menyampaikan laporan hasil diskusi tentang dinamika hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan dilengkapi peta, gambar, tabel, grafik, video, dan/atau animasi
·      Membuat model 3 dimensi daerah alirans ungai (DAS)
4.7.    Menyajikan proses dinamika hidrosfer menggunakan peta, bagan, gambar, tabel, grafik, video, dan /atau animasi


                                                                                                                                         Lampa, 16 Juli 2019                                                                                                                          
                                                                                                                                          
Mengetahui :
Kepala SMAN 2 Pinrang                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,
                                                                                                                                                        


Drs. Muhammad Adam, M.Pd.                                                                                        Drs. Muhammad Adam, M.Pd.
NIP 19680502 199103 1 016
                                                                                                                                         NIP 19680502 199103 1 016

0 komentar:

Posting Komentar